Rabu, Februari 27, 2013

BKH: Serius Garap Pariwisata NTT

Pariwisata NTT sudah lama dilupakan. Wisatawan domestik dan mancanegara hanya menjadikan Bali dan Lombok sebagai tujuan destinasi. Pertanyaannya Apakah NTT tidak memiliki potensi wisata yang dapat memberikan kesejahteraan buat masyarakat NTT?  Tidak.
Demikian ditegaskan Benny Kabur Harman (BKH) ketika ditemui di ruang kerjanya di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Jakarta, Selasa (5/2).
 
Menurut calon gubernur NTT nomor urut lima ini, pariwisata NTT selama ini salah kelola dan tidak pernah dipandang sebagai aset yang sangat bernilai. Potensi wisata sangat banyak terendap, hasil tidak dinikmati.  kalau berada di tangan yang salah. Akibatnya, kemiskinan NTT jalan di tempat, dan wisatawan tidak memiliki daya tarik untuk datang mengunjungi NTT iniungkap BKH.

Menurut pandangan BKH,  NTT memiliki potensi wisata kelas dunia yang luar biasa. Ada Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, Taman wisata 17 pulau di Riung Kabupaten Ngada, Danau Kelimutu di Ende, penangkapan ikan Paus di Lamalera Kabupaten Lembata, wisata bahari dan terumbu karang di Kabupaten  Alor.
Dengan pariwisata tersebut  bisa mengalahkan Bali atau Lombok. Dirinya  akan menggarapnya secara serius dengan langkah-langkah kerja yang terarah dan terpadu,  ujar BKH.

Benny Harman  berargumen, bila berbagai potensi wisata ini dikelola secara benar dan pemerintah daerah mau memikirkan kesejahteraan masyarakatnya, maka banyak desa miskin di NTT yang memiliki potensi wisata akan dapat merasakan dampak ekonominya. Hal ini ketika kegiatan kepariwisataan dikembangkan dan fasilitas pendukung pariwisata dibangun.
Fasilitas- fasilitas pariwisata yang dimaksud BKH diantaranya, simplifikasi konsep perizinan dan insentif perpajakan bagi investor, pengembangan paket-paket wisata yang kompetitif, prasarana dan sarana dasar seperti jaringan jalan, listrik, telekomunikasi, air bersih, rumah makan layak bagi wisatawan, sarana kesehatan dan lain sebagainya.

Selain itu, BKH juga mengungkapkan bahwa fasilitas penting lain yang patut mendapat perhatian dalam pengembangan pariwisata NTT adalah pemberian perhatian khusus kepada pengembangan kawasan ekowisata dan wisata bahari. Ini terutama di lokasi-lokasi yang mempunyai potensi obyek wisata alam bahari yang sangat besar. “Mari bangun NTT dengan hati. Ungkapnya.

Demikian Rusydi Saleh Maga Reporter Sahabat Malaporkan.

Tidak ada komentar:

ALAMAT KAMI

Jalan

Timor Raya Km.16

Kelurahan/Desa

Noelbaki

Kecamatan

Kupang Tengah

Kab/Kota

Kupang

Kode Pos:

Provinsi

Nusa Tenggara Timur

Nomor telepon

0380-8044556

Fax 0380-8551017

Email

sahabatnew@yahoo.com

ON AIR LINE

03808044556 (TELP)

Peta User Yang sedang Online Di Sahabat FM