Rabu, Maret 27, 2013

Jangan Biarkan Masyarakat Merasa Nikmat Jadi Orang Miskin

Krisis pangan yang dihadapi masyarakat setiap tahun bukan karena menurunnya hasil produksi komoditi. tapi  lemahnya pengawasan distribusi dan konsumsi pangan. dan Pemerintah tidak mampu intervensi pengawasan distribusi dan konsumsi pangan hal itu diungkapkan  guru besar Fakultas Ekonomi Pertanian Frof. Fred Benu dari Undana Kupang dalam diskusi keadilan pangan lokal di Hotel Sasando Kupang, Sabtu (23/3).

Fred menjelaskan  akan terjadi krisis suplai pangan pada suatu waktu jika terjadi krisis global. Dengan terjadi perubahan iklim global mengakibatkan curah hujan yang tidak teratur dan berdampak pada kekeringan sehingga terjadi gagal tanam dan gagal panen.

Menurut Fred, distribusi pangan lokal harus disertai dengan sistim desentralisasi pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. Pemerintah daerah harus lebih berperan dalam urusan logistik pangan.


fred menambahkan  lemahnya sistim koordinasi pemerintah sehingga mengakibatkan distribusi pangan tumpang tindih .dan hal  ini setidaknya memerlukan birokrasi yang kuat dari seorang pemimpin yang berkualitas. sehingga Pemerintah disarankan jangan biarkan masyarakat merasa nikmat jadi orang miskin. Sebaiknya pemerintah tingkatkan sistim pengawasan distribusi pangan." Tanggung jawab distribusi pangan ada pada pemerintah dengan tetap memperhatikan kewenangan Badan Urusan Logistik (Bulog) yang berkedudukan di pusat dan Dolog ada di daerah.

Winston Rondo dari NGO-NTTPF pada acara tersebut mengatakan, harga kebutuhan pangan masih tinggi namun stok terbatas. Idealnya, kecukupan pangan adalah harga terjangkau dan ketersediaan stok yang cukup.

Wilson menambahkan sampai sat ini Pemerintah belum berpihak pada petani, buktinya fasilitas pertanian masih kurang dan Bila  seseorang di NTT meninggal dunia karena lapar adalah sesuatu yang tidak manusiawi.

Demikian rusydi Saleh Maga Reporter Sahabat Melaporkan 

Tidak ada komentar:

ALAMAT KAMI

Jalan

Timor Raya Km.16

Kelurahan/Desa

Noelbaki

Kecamatan

Kupang Tengah

Kab/Kota

Kupang

Kode Pos:

Provinsi

Nusa Tenggara Timur

Nomor telepon

0380-8044556

Fax 0380-8551017

Email

sahabatnew@yahoo.com

ON AIR LINE

03808044556 (TELP)

Peta User Yang sedang Online Di Sahabat FM